“English for Confidence”, Yayasan Bulir Padi Ajak Relawan Tingkatkan Kemampuan Anak Bina Berbahasa Inggris

Metroheadline Jakarta — Berkenaan dengan Hari Pendidikan Nasional, Yayasan Bulir Padi (Bulir Padi) hari ini (6/5) menyelenggarakan program bertajuk English for Confidence. Program baru ini bertujuan untuk mengembangkan kepercayaan diri anak bina Bulir Padi dalam menggunakan Bahasa Inggris dan juga meningkatkan keterampilan siap kerja agar mereka memiliki nilai unggul untuk bersaing di dunia kerja selepas bangku SMA/SMK.

Bahasa Inggris merupakan komponen penting dari daya saing ekonomi, baik di tingkat individu maupun tingkat nasional. Kecakapan berbahasa Inggris yang lebih baik berkorelasi dengan pendapatan yang lebih tinggi, kualitas hidup yang lebih baik, lingkungan bisnis yang lebih dinamis, konektivitas yang lebih luas, serta inovasi yang lebih beragam. Menurut laporan EF English Proficiency Index 2016, Indonesia menempati urutan 32 dari 72 negara dengan skor 52,94 dalam kemampuan berbahasa Inggris. Peringkat tersebut sangatlah jauh apabila dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, yang menempati peringkat keenam dengan rata-rata skor 63,52.

Bulir Padi English for Confidence (EFC) adalah sebuah program yang baru diluncurkan untuk membantu anak bina Bulir Padi mendapatkan pengetahuan dan kepercayaan diri dalam belajar dan menggunakan bahasa Inggris. Program ini akan berjalan setiap Sabtu dan Minggu selama tiga bulan ke depan dan ditujukan untuk 50 anak bina Bulir Padi serta anak SMP-SMA/SMK di komunitas marjinal di daerah Palmerah dan Bidaracina di mana Bulir Padi beroperasi.
Anak bina Bulir Padi diharapkan dapat memperluas kosakata dan kemampuan berekspresi dalam berbahasa Inggris. Selain itu rasa percaya diri anak yang terbangun diharapkan dapat membentuk sikap positif dalam menghadapi tantangan dan persoalan di hidupnya dan dunia kerja kelak.

Ketua Yayasan Bulir Padi, Tia Sutresna mengatakan, “Kami percaya bahwa kepercayaan diri melalui kemanjuran diri, atau keyakinan seseorang mengenai peluangnya untuk berhasil mencapai tugas, dapat membangun kemampuan dan keberhasilan anak dalam melakukan sebuah tugas. Oleh karena itu Bulir Padi merasa penting untuk menanamkan rasa percaya diri dan kemanjuran diri dalam anak bina Bulir Padi guna mengasah keterampilan kesiapan kerja dan membekali mereka untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.”

“Program Bulir Padi English for Confidence ini tentunya juga bergantung pada relawan-relawan Bulir Padi yang meluangkan waktu dan tenaga untuk mengajar anak bina kami. Selain dukungan mitra dan donatur Bulir Padi, para relawan menjadi salah satu tulang punggung dan kunci keberhasilan menjalankan kegiatan sosial kami,” tambahnya.

Dalam menjalankan program EFC di Palmerah, Jakarta Barat dan Bidaracina, Jakarta Timur, Yayasan Bulir Padi sebelumnya meluncurkan Program Relawan Bulir Padi pada bulan Februari 2017. Proses penggalangan relawan menghasilkan sebanyak 15 relawan yang terseleksi untuk membantu menjalankan program EFC di kedua lokasi. Peran relawan adalah untuk membantu menjalankan lesson plan EFC yang telah disusun oleh tim Bulir Padi dan fokus pada pembelajaran bahasa Inggris melalui cara yang menyenangkan. Profil relawan Bulir Padi cukup beragam, dimulai dari profesional muda, guru Bahasa Inggris, dan mahasiswa/i perguruan tinggi di Jakarta.
Relawan Bulir Padi Gemi Salvianto, yang berprofesi sebagai tutor Bahasa Inggris, mengatakan, “Saya tertarik untuk bergabung di program Bulir Padi English for Confidence, pertama karena melihat topiknya adalah belajar Bahasa Inggris, dan kedua karena kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak tingkat SMP-SMK. Selain itu saya ingin mewujudkan rasa berbagi untuk mereka yang memerlukan.”

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Bulir Padi: “Berkarya untuk Maju”, salah satu bentuk nyata usaha Bulir Padi dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan anak binaannya dengan memberikan pelatih. (manto)

Related posts

Leave a Comment