President Foundation Resmikan Panglima Institute

Metroheadline Jakarta – President Foundation selaku pengelola President University meresmikan Panglima Institute sebagai wadah akademisi, praktisi, politisi, businessman dan pemerintah dapat bersinergi untuk meningkatkan literasi sumber daya manusia dalam bidang hukum, dan kepastian hukum dalam bisnis.

“Dengan hadirnya Panglima Institute ini, keberadaan sumber daya yang ada di perguruan tinggi, industri atau swasta dapat bersinergi sehingga dapat memperkuat penelitian dan kebijakan publik yang berkaitan dengan produk hukum,” kata Budi Susilo Supandji selaku Dewan Pengawas Panglima Institute di Menara Batavia, Rabu (17/5).

Lanjutnya disini pula dijadikan tempat pertemuan antara akademisi dengan praktisi hukum yang berpengelaman dibidang hukum seperti pengacara Hotman Paris yang ahli dalam bidang strategi menangani perkara kepailitan, hukum pajak dan lainnya.

“Di Panglima Institute para akademisi bisa mendapatkan pendidikan yang bersifat non formal, seperti pemecahan studi kasus, menangani perkara kepailitan, dan hukum pajak. Pertemuan ini nanti akan diadakan rutin tiap bulannya,” ujar dia.

Sementara itu Sahrin Hamid selaku Chairman Panglima Institute mengatakan kedepannya akan mengkaji hukum kondisional atau isu-isu aktual yang sedang berkembang saat ini.  Hukum merupakan panglima dinegara ini , segala persoalan yang muncul harus diselesaikan secara hukum dengan tidak membeda-bedakan, seperti halnnya yang terdapat dalam asas hukum equality before the law yang mensyaratkan bahwa semua orang sama kedudukannya dihadapan hukum, karena itu penegak hukum harus menjiwai asas ini dalam menegakkan hukum.

“Ketika hukum tidak berpedoman lagi pada asas yang merupakan Groundnorming dari sebuah hukum maka disinilah mulai masuk istilah hukum sebagai panglima akan tetapi penguasa adalah raja,”jelas dia

Ia menambahkan, Penglima Institute juga akan menyelenggarakan pendidikan khusus profesi, kursus, seminar dan kajian akademis baik dalam cakupan terbatas, nasional maupun skala internasional terhadap kebijakan pemerintah, issue terkini dan hal-hal strategis lainnya sebagai bentuk kontribusi Panglima Institute kepada bangsa dan negara.

“Mulai bulan Juni akan dimulai penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), kemudian Profesi Konsultan Pajak, Pasar modal dan lain-lain,”tuturnya.

Related posts

Leave a Comment