Karel Berikan Edukasi Anak Indonesia

Metroheadline.id Jakarta – Dalam mendukung berbagai kegiatan edukasi, sosialisasi, dan promosi perusahaan, PT KAl Commuter Jabodetabek (KCJ) memperkenalkan karakter “Karel” sebagai maskot perusahaan. Karel sendiri didesain secara kreatif oleh Tim desain internal KCJ mengambil inspirasi dari tampak depan Kereta Rel Listrik (KRL), dengan harapan dapat merepresentasikan lini bisnis KCJ yang bergerak di bidang transportasi KRL. Sebelumnya, sejak diciptakan pada 2015 Karel hanya digunakan secara terbatas, akan tetapi seiring dengan perjalanannya Karel mulai diperkenalkan kepada masyarakat dan telah menjadi maskot perusahaan dalam beberapa kegiatan eksternal yang diselenggarakan oleh KCJ.

Tugas utama Karel adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai KRL terutama mengenal aturan dan tata tertib dalam menggunakan KRL, dan etika menggunakan transportasi publik.

Pada musim libur ini, banyak orang tua melakukan perjalanan KRL dengan membawa anakanaknya. Kerap kali, kebersihan di KRL tidak diperhatikan karena keb‘iasaan memberikan makanan kecil dan membuang sampah sepanjang perjalanan. Di musim libur ini kehadiran maskot karel akan memben‘kan edukasi terkait tata tertib KRL khususnya mengenai larangan makan minum dan kewajiban menjaga kebersihan di KRL.

Sebelumnya Karel juga kerap dihadirkan pada kegiatan edukasi KCJ, salah satunya adalah saat menen’ma kunjungan dari anak-anak sekolah yang ingin mengenal KRL lebih dekat. Untuk ke depannya, Karel telah disiapkan sebagai ujung tombak dalam menyampaikan berbagai paket edukasi menan‘k yang disiapkan oleh KCJ.

Kehadiran Karel menjadi bukti komitmen KCJ dalam melakukan edukasi dan sosialiasi dengan anak-anak sebagai target utama. Pada segmen inf, Karel dapat menyampaikan berbagai pesan tentang KRL kepada mereka yang di masa depan berpotensi menjadi pengguna setia KRL. Selain pesan soal menggunakan kereta dengan benar, PT KCJ juga hendak memberi pengetahuan tentang bahaya tindak vandalisme pada KRL, sehingga dapat mendukung program bersama untuk menekan angka tindak vandalisme terhadap Kereta setiap tahunnya.

Untuk pengembangan karakter Karel, pada tahun 2016 KCJ bekerjasama dengan TV Tokyo untuk mengkolaborasikan Karel dengan animasi original berjudul “Train Heroes” yang sebelumnya telah dikembangkan di Jepang dan sejumlah negara. Train Heroes sendiri merupakan karakter-karakter berbentuk kereta api yang dapat berubah menjadi robot, serta mempunyai misi untuk melindungi manusia dari berbagai bencana di bumi.

Sebagai bentuk dari kerjasama ini, pada Maret 2017 telah diluncurkan seri film animasi pendek berjudul “Commuter-Train Heroes” yang menghadirkan Karel dan karakter baru bernama “Lima” sebagai teman baru para Train Heroes dari TV Tokyo. Seri film animasi pendek sebanyak delapan episode tersebut sudah ditayangkan di sejumlah stasiun KRL, serta telah diunggah melalui Commuter Channel di YouTube.

Agar Karel dapat lebih dikenal di Indonesia, maka kerja sama KCJ dengan TV Tokyo ini sedang dipertimbangkan untuk diperluas diantaranya melalui produksi dan penjualan merchandise Karel dan Train Heroes, produksi action figure/mainan, hingga pemutaran film animasi Train Heroes di bioskop.

Related posts

Leave a Comment