Laznas Al Azhar Kuatkan Sinergi Pengentasan Kemiskinan

Metroheadline.id Jakarta – Kemiskinan merupakan persoalan yang sampai saat ini belurn terselesaikan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka kemiskinan nasional dan indeks rasio juga relatif stagnan di angka 0,393 per Marat 2017. Penanggulangan Kemiskinan dapat didefinisikan sebagai sebuah proses panjang untuk membantu masyarakat miskin menjadi Iebih berdaya. Negara harus bisa mengendalikan angka kemiskinan yang kian hari kian meningkat dengan mengaiak peran serta dan kontribusi riil berbagai pihak dalam mengatasi persoalan ini.

Sinergi ABCG (Academic, Business, CiviI Society & Government) yang diusung oleh Indonesia Gemilang dan digagas Lembaga AmiI Zakat Nasionai (Laznas) AI Azhar sejak media 2013 Ialu, selalu memberikan tantangan baru dan berbeda. Penyusunan Konsep yang sistematis, jalinan sinergi yang kuat dengan instansi bisnis, serta semangat kebersamaan bersama mitra sinergis para inisiator IG dan koordinasi intensif bersama pemerintah mampu menjadi energi bagi pengembangan program Indonesia GemiIang. Melalui forum Musyawarah Kerja Nasional Ire-3 Forum Indonesia Gemilang iniIah kita berharap akan kembaii saiing menguatkan peran dan fungsi sinergis dalam rangka mencapai tujuan bersama, yakni berkontribusi maksimai pada pembangunan nasional melalui optimalisasi pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf.

Forum Mukernas yang diselenggarakan pada Rabu, 09 Agustus 2017 di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia turut dihadiri oleh Kementerian Agama, Kementerian Desa, Direktur-Direktur Bank, serta seluruh mitra dari LAZNAS AI Azhar dan juga dimanfaatkan untuk memberikan apresiasi penghargaan kepada mitra~mitra yang sudah bersinergi dengan LAZNAS AI Azhar.

Forum tersebut sebagai bagian dari evaluasi dan reerksi terhadap perencanaan program yang teiah disusun. Tahapan dan capaian harus dinilai sebagai tanggung jawab terhadap kinerja. Ragam capaian yang teIah diraih oIeh setiap wilayah Desa GemiIang bervariasi, ada yang mencapai zona pengembangan dan ada puIa yang harus ditingkatkan. Urgensitas ini tentu harus diakomodir dengan memberikan poIa pendidikan yang berkelanjutan. Hal yang paIing fundamental adaiah untuk memastikan mindset dasar setiap aktor kunci disini harus sejalan dengan visi Iembaga, karakter para amiIin-nya serta FIIosofis program yang diusungnya. Keberhasiian para Dasamas dan Mitra Program di Iapangan, tentu tidak Iepas dari andii para anggota tim di Divisi Program LAZNAS AI Azhar. (ibnu)

Related posts

Leave a Comment