Ormas Gerbang Betawi Resmi Di Luncurkan Wagub DKI Jakarta

Metroheadline.id – Acara puncak kegiatan Pagelaran Seni Budaya Betawi bertajuk Kemeriahan Betawi Jatinegara 2017 yang digelar di lokasi yang sama pada tanggal 25 hingga 28 Oktober 2017.

Grand Launching Gerbang Betawi yang dihadiri Sandi Uno juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) untuk menjalin kemitraan dan kerjasama serta dukungan terkait Program pembangunan Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi periode 2017-2022.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengucapkan terima kasih kepada tokoh Betawi seperti Ashari dan Sylviana Murni yang berkomitmen melestarikan budaya Betawi melalui Gerbang Jakarta. “Gerbang Betawi akan menjadi model Kemitraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dengan Komunitas yang ada di Ibu Kota,” terang beliau.

Di tempat yang sama, Sylviana Murni mengatakan, sejalan dengan strategi pembangunan yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, Gerbang Betawi telah membentuk enam tim khusus untuk menggodok lima usulan kemitraan sesuai dengan visi, misi, dan filosofi Gerbang Betawi.

“Kelima usulan kemitraan tersebut terdiri dari bidang pendidikan, bidang budaya dan pariwisata, bidang ekonomi produktif dan bidang lingkungan hidup,” kata Sylviana Murni.

Adapun di bidang pendidikan, lanjut dia, mencakup ide-ide beasiswa, pelatihan SDM, program Satu keluarga Satu Sarjana dan sebagainya. “Sedangkan Bidang Budaya dan Pariwisata mencakup ide-ide memaksimalkan pengelolaan sentra-sentra Betawi seperti Setu Babakan, Condet, dan Gedung Eks Kodim,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Gerbang Betawi Ashar menjelaskan, Gerbang Betawi menciptakan sumberdaya manusia Betawi dengan intelektualitas, profesionalitas, dan moralitas yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tidak kalah menarik, juga digelar Diskusi dengan tema “Melahirkan Juragan-juragan Muda Betawi” dengan narasumber Sandiaga Uno (Wakil Gubernur DKI Jakarta), Kresno Sediarsi (Direktur Utama Bank DKI), David Darmawan(CEO Socentix), Davi Kemayoran (Betawi Punya Distro).

“Pada kegiatan peresmian Gerbang Betawi nanti akan diisi oleh beberapa kegiatan pendukung. Seperti bazar dan kuliner, pameran lukisan (Sarnadi Adam), parade seni siswa, fashion show, lomba menyanyi, pertunjukan seni budaya Betawi (Lenong, Gambang Kromong dan Tanjidor), atraksi pencak silat, lomba cerpen Betawi, lomba lagu-lagu Betawi, Museum Mini, band Betawi, hingga video mapping,” pungkas beliau. (Ibnu)

Tinggalkan Balasan