Kemenristekdikti Mengadakan Forum Kerja Sama Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi Indonesia- Tiongkok

Metroheadline.id Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok telah berupayameningkatkan kerjasama di bida ng ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi dalam satu dekade yang lalu.

Peningkatan kerjasama iptek dan Inovasi antara kedua negara ini telah dirintis sejak tahun 2011 yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada tahun 2011.

Sebagai tindak lanjut, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) Indonesia dan Kementerian ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tiongkok telah membentuk Joint Committee Meeting (JCM) untuk mengawal pelaksanaan kerja sama yang telah disepakati.

Penyelenggaraan JCM ke-5 telah dilaksanakan di Beijing pada bulan Agustus 2017. Dalam pertemuan Forum Kerjasama Iptek Inovasi Indonesia Tiongkok 27 November ini, akan dilaporkan implementasi program dan kegiatan tentang ‘joint laboratory’ bidang bioteknologi dan High Temperature Gas-Cooled Reactor (HTGR), transfer teknologi, serta diskusi tentang potensi kerja sama lainnya.

Sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama IPTEKIN yang sudah berjalan antar kedua negara, forum ini ditujukan untuk mensosialisasikan hasil kerja sama bilateral kepada komunitas yang lebih luas serta mengundang insitusi lain untuk mendukung program kerja sama ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tiongkok menyelenggarakan Indonesia China Science, Technology, and Innovation Cooperation Forum di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti (27/11). Forum ini juga merupakan program kerjasama bilateral Indonesia Tiongkok yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK dan Kantor Vice PM PR China.

Direncanakan forum ini akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan dihadiri oleh delegasi dari kedua Negara. Delegasi Pemerintah Tiongkok dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu Yandong dengan sepuluh Menteri Tiongkok termasuk didalamnya Menteri Iptek Wan Gang, dan Menteri Pendidikan Baosheng.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir sebagai tuan rumah akan memberikan sambutan dan meluncurkan Program KS Iptek 2018-2020. Forum ini juga akan dihadiri oleh Kepala LPNK di bawah koordinasi Kemristekdikti. beberapa Rektor Perguruan Tinggi. Kepala Science Techno Parks (STP), Kepala Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Tinggalkan Balasan